Hai !!! Selamat datang di KebunQ.com. Situs Blogger Petani

Manfaat dan Khasiat Alfalfa (Medicago sativa)

Manfaat dan Khasiat Alfalfa (Medicago sativa). Alfalfa adalah sejeni tanaman herba dari jenis leguminosa atau kacang-kacangan. Tanaman Alfalfa sudah terkenal sejak zaman prasejarah sebagai tanaman herba yang kaya akan nutrisi terutama dalam bentuk mineral. Hal ini mungkin berhubungan erat dengan kemampuan akar algalfa yang sanggup menembus kedalam tanah hingga beberapa meter dalamnya sehingga mampu mengambil mineral-mineral penting yang di butuhkan oleh tubuh Kecambah alfalfa yang letaknya jauh di dalam tanah.

Di Indonesia, Alfalfa di kenal sebagai pakan ternak bernutrisi tinggi. Namun begitu beberapa bagian dari tanaman ini baik di konsumsi oleh manusia. Seperti daun, biji dan kecambahnya. Daun alfalfa dan bijinya biasa di keringkan untuk di jadikan teh alfalfa. Memang rasanya jauh dari sedap tapi khasiatnya sangat banyak. Begitu pula kecambah alfalfa, banyak mengandung vitamin, mineral, asam lemak essensial, protein, antioksidan, dll. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat alfalfa untuk kesehatan.

Manfaat dan khasiat Alfalfa (Medicago sativa)

Manfaat dan khasiat alfalfa antara lain adalah:

1. Alfalfa memiliki sifat antiradang alami yang dapat mengobati penyakit asam urat, artritis, nyeri otot dan sendi kaku
2. Alfalfa bermanfaat mengendalikan kolesterol darah dan mampu mencegah pembentukan plak di dinding arteri sehingga mengurangi kemungkinan serangan penyakit jantung dan stroke.
3. Alfalfa mampu menurunkan kadar gula darah dan dapat merangsang produksi insulin
4. Sifat diuretik dari alfalfa efektif menghilangkan retensi air dalam tubuh sehingga mencegah edema.
5. Alfalfa bermanfaat dalam mencegah infeksi jamur dan dalam kasus-kasus hemorage serta berguna mengurangi gejala menopause
6. Alfalfa juga efektif mengobati asma dan masalah pernapasan lainnya.
7. Tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan terutama gangguan radang dinding lambung dan untuk detoksifikasi.
8. Alfalfa juga mengandung zat yang dapat memperkuat dan merangsang sistem kekebalan tubuh

Namun begitu, meski mempunyai manfaat dan khasiat yang  beragam dan kaya nutrisi, mengkonsumsi alfalfa harus di batasi. karena jika terlalu berlebihan dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah. Khusus bagi mereka yang menderita penyakit kulit di sarankan untuk tidak mengkonsumsi alfalfa dalam bentuk apapun terutama biji dan kecambahnya.

Loading...
Loading...