Loading...

Manfaat dan Khasiat BuahTomat

Manfaat dan Khasiat Buah Tomat. Tomat adalah tanaman yang murah meriah dan dapat di temukan dimana saja. Di Indonesia, tomat di masukan dalam kategori sayuran. Meski berbentuk buah, namun jarang sekali orang yang mau mengkonsumsi buah tomat begitu saja. Saya sendiri baru mengkonsumsi tomat jika di campur dengan sambal terasi atau sambal balacan. Karena menurut saya, rasa buah tomat sangat tidak nyaman jika di makan begitu saja. Padahal, buah tomat memiliki manfaat dan khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat buah tomat untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat buah tomat

Manfaat dan khasiat buah tomat antara lain adalah:

1. Dapat mencegah penuaan dini, karena tomat banyak mengandung vit A dan vit C yang berfungsi sebagai Anti-oksidan yang bekerja untuk menetralisir radikal bebas.
2. Dapat membantu untuk mengontrol kadar gula darah, karena kandunganmineral kromium dalam tomat dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.
3. Tomat bermanfaat untuk kesehatan mata karena banyak mengandung vitamin A terutama untuk mencegah dan memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (agerelated macular degeneration).
4. Berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol sehingga dapat terhindar dari stroke dan serangan jantung lainnya.
5. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, tulang dan rambut. Terutama untuk menjaga kehalusan dan kelembutan kulit wajah. karena itu tomat juga dapat di gunakan sebagai masker wajah.
6. Tomat mempunyai sifat anti kanker karena mengandung senyawa lycopene yang tinggi.
7. Sari buah tomat bermanfaat untuk mengobati batu ginjal dan batu empedu.
8. Dapat mencegah tumbuhnya jerawat dan dapat juga menghilangkan bekas jerawat.
9. Pada kaum lelaki, konsumsi tomat dapat meningkatkan jumlah sel sperma
10. Dapat menurunkan berat badan jika di konsumsi secara rutin dan biasanya di sarankan untuk mereka yang membutuhkan menu diet yang sehat dan seimbang
11. Tomat juga telah terbukti dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi organ hati (liver), ginjal, dan mencegah sembelit atau kesulitan buang air besar.
12. Tomat mengandung asam klorogenat dan asam coumaric yang dapat menetralisir dan mengurangi pengaruh nikotin dan zat-zat karsinogenik yang ditimbulkan oleh asap rokok

Bagikan :
loading...