Hai !!! Selamat datang di KebunQ.com. Situs Blogger Petani

Cara menyadap Getah pepaya | Cara membuat Enzim Papain

Cara menyadap Getah pepaya. Cara membuat enzim papain tidaklah begitu sukar jika mengetahui caranya. Pembuatan enzim papain di Indonesia belumlah terlalu populer. Karena itu Indonesia masih mengandalkan pasokan papain dari negara-negara penghasil enzim papain seperti India, Srilangka, meksiko, Brazil, dan masih banyak lagi negara penghasil enzim papain dalam skala besar. Padahal enzim papain hampir di butuhkan di segala bidang industri. Untuk mengetahui manfaat dan kegunaan enzim papain silah baca di SINI. Khusus kali ini Kebun Q akan berbagi sedikit cara membuat enzim papain dari getah pepaya.

Langkah pertama dalam pembuatan enzim papain adalah memyadap getah dari pohon pepaya. Karena seperti kita ketahui, saat ini pepaya banyak mengandung enzim papain, terutama pada bagian buahnya yang masih muda. Berikut ini adalah cara mengambil getah pepaya atau cara menyadap getah pepaya:

Cara menyadap Getah Pepaya

  • Carilah buah yang masih mudah, yang berumur sekitar 2.5 - 3 bulan
  • Waktu menyadap yang baik adalah pada pagi hari yaitu sebelu matahari terbit sekitar pukul 05.30 - 08.00 atau pada sore hari sebelum matahari terbenam, yaitu sekitar pukul 17.30-18.30,
  • Torekan alat sadap pada kulit buah mulai dari pangkal menuju ujung buah sedalam 1-2 mm dengan jarak antar torehan 1-2 cm atau batasi hingga 5 torehan saja per buah.
  • Pasang wadah dari plastik di sekitar buah sebagai tempat untuk menampung getah, sebaiknya wadah sudah terpasang sebelum buah di toreh
  • Lakukan penyadapan setiap 4 hari sekali. Dan untuk alasan ekonomis, setiap buah sebaiknya hanya di sadap tidak lebih 7 kali sebelum buah di biarkan matang untuk di kosumsi buahnya.

Cara membuat Enzim Papain

Bahan dan alat yang perlu disipakan sebelum membuat enzim papain adalah menyiapkan bahan dan alat. Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan enzim papain adalah: getah pepaya, air dan asam sulfit. Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah baskom untuk mencampur getah, air dan sulfit, alat pengaduk, nampan plastik atau stainless steel untuk mengeringkan emulsi getah, alat giling, dan plastik. Cara mengolah getah pepaya menjadi enzim papain adalah sebagai berikut:

  • Larutkan sulfit kedalam air dengan kosentrasi 0,7%
  • Ukur banyaknya getah dengan menggunakan literan air untuk menentukan banyaknya larutan sulfit yang diperlukan,
  • Campurkan larutan sulfit kedalam getah dengan perbandingan 4:1, yaitu 4 larutan sulfit dan 1 getah pepaya.
  • Aduk campuran sulfit dan getah hingga terbentuk emulsi yang solid,
  • Tuangkan emulsi getah kedalam nampan dengan ketebalan 1 cm, lalu keringkan di bawah sinar matahari atau di dalam lemari pengering. Untuk pengeringan di bawah terik matahari biasanya di perlukan waktu sekitar 8 jam agar emulsi menjadi padat dan kering. Sedangkan jika di keringkan di dalam lemari pengering dengan suhu 55oC hanya di perlukan waktu sekitar 6 jam saja.
  • Setelah emulsi getah kering, akan terbentuk serpihan-serpihan tipis berwarna abu-abu kecoklatan. Tumbuk serpihan tersebut dengan alat giling hingga menjadi tepung lalu kemas dalam plastik, tutup rapat dan simpan untuk di gunakan sewaktu-waktu di butuhkan atau di jual jika banyak.

Itulah tadi cara muda menyadap getah papaya dan cara membuat enzim papain. Semoga bermanfaat…

Loading...
Loading...