Loading...

Cara membuat Jamu Kunir Asam

Cara membuat Jamu Kunir Asam. jamu kunir asam atau kunyit asama merupakan jamu tradisional yang terbuat dari racikan kunyit, asam dan gula merah yang di rebus menjadi satu. Tidak jarang jamu kunyit asam ini memiliki bahan tambahan daun asem muda yang di sebut Sinom, sehingga sering juga di sebut jamu Sinom.  Jamu kunir asam memiliki khasiat yang sangat banyak, mau tahu apa manfaat dan khasiat jamu kunyit asam? silah baca di SINI

jamu kunyit asam Jamu kunir Asem sangat di gemari oleh para pecinta jamu tradisional baik tua ataupun muda. Karena jamu ini menciptakan rasa segar dan aroma yang mengiurkan. Bisa di bilang di antara jamu tradisional, jamu kunyit asam lah yang menjadi favorit saya. Karena jamu ini hanya memiliki sedikit rasa pahit yang tidak kentara. Karena sangat suka dengan jamu kunir asam ini, saya seringkali membuatnya sendiri di rumah. Mau tau resepnya? Berikut ini adalah cara membuat jamu Kunir asam tradisional yang seri saya praktekan.

Cara membuat jamu kunyit asam

Bahan baku Jamu Kunyit Asam:

  • 250 gr Kg Kunyit
  • 200 ge Gula jawa
  • 200 gr Kg asam jawa
  • 2  Liter Air

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih kunyit hingga tidak ada lagi tanah yang menempel lalu iris tipis-tipis. Bisa juga di parut atau di blender jika ingin rasa pahit yang berlebih dan pati yang kental.
  2. Masukan air sebanyak 2 liter kedalam panci, masukan kunyit yang telah di potong tipis-tipis, asam jawa, gula jawa lalu rebus hingga mendidih.
  3. Biarkan mendidih selama 10 menit, aduk-aduk, lalu angkat dan dinginkan.
  4. Jamu kunyit asem siap untuk diminum atau di simpan.

Biasanya jamu kunyit asam di minum dalam kondisi hangat-hangat kuku. Tapi ada juga yang meminumnya dalam kondisi dingin, meski hal ini tidak begitu di anjurkan. Daya simpan jamu kinyit asam tradisional di suhu kamar dapat bertahan 2-3 hari. Tapi di suhu dingin bisa bertahan sampai 1 bulan.

Bagikan :
loading...