Hai !!! Selamat datang di KebunQ.com. Situs Blogger Petani

Cara memasang Mulsa PHP

Cara memasang Mulsa Plastik Hitam Perak (PHP). Mulsa plastik hitam perak adalah sejenis plastik yang memiliki dua lapisan, yaitu hitam di lapisan dalam dan perak di lapisan luar. Seperti hal nya mulsa-mulsa lainnya, mulsa PHP berfungsi untuk:

cara memasang mulsa PHP Fungsi Mulsa PHP

  • mempertahankan struktur tanah tetap gembur,
  • memelihara kelembaban dan suhu tanah,
  • mengurangi kehilangan unsur hara, dan
  • menekan pertumbuhan gulma.

Kenapa mulsa PHP mempunyai 2 lapisan warna? Hal ini mempunyai tujuan tersendiri yang sangat penting bagi budidaya tanaman. Warna perak pada mulsa akan memantulkan cahaya matahari sehingga proses fotosintesis menjadi lebih optimal, kondisi pertanaman tidak terlalu lembab, mengurangi serangan penyakit, dan mengusir serangga-serangga penggangu tanaman seperti Thirps dan Aphids. Sedangkan warna hitam pada mulsa akan menyerap panas sehingga suhu di perakaran tanaman menhadi hangat. Akibatnya, perkembangan akar akan optimal. Selain itu warna hitam juga mencegah sinar matahari menembus ke dalam tanah sehingga benih-benih gulma tidak akan tumbuh.

Cara Memasang Plastik Hitam Perak (PHP)

Cara memasang mulsa PHP pada lahan sebenarnya gampang-gampang susah. Satu yang harus di perhatikan adalah bahwa lapisan PHP yang berwarna perak harus berada di bagian atas. Berikut ini adalah cara memasang mulsa plastik hitam perak.

  1. Pemasangan mulsa PHP sebaiknya dilakukan pada saat panas matahari terik agar mulsa dapat memuai sehingga mudah di tarik dan pemasangan mulsa sebaiknya di kerjakan oleh 2 orang atau lebih.
  2. Tebarkan MPHP di atas bedengan, warna perak menghadap ke atas dan warna hitam menghadap tanah.
  3. Siapkan pasak penjepit mulsa yang dibentuk menyerupai huruf U.
  4. Tariklah kedua ujung  mulsa secara bersamaan hingga melar dan menutupi seluruh bedengan, lalu kaitkan masing-masing ujungnya dengan menggunakan pasak penjepit mulsa. Pastikan pasak tertancap kuat sehingga mulsa dan bedengan terkait rapat.
  5. Setelah terpasang sempurna, biarkan selama 3 hari sebelum kemudian di buat lubang tanam.
Loading...
Loading...