Hai !!! Selamat datang di KebunQ.com. Situs Blogger Petani

Nama Latin Jahe | Klasifikasi Ilmiah Tanaman Jahe

Tingkatan Taksonomi Jahe. Nama latin jahe adalah Zingiber officinale Rosc. Tanaman ini termasuk dalam keluarga temu-temuan. Jahe merupakan jenis tanaman herbal yang multi guna. Selain sebagai bahan baku obat-obatan tradisional, jahe juga merupakan bumbu penyedap masakan. Dalam berbagai masakan tradisional, banyak di gunakan jahe, terutama kalau berhubungan dengan daging dan ikan. Karena jahe di ketahui dapat menghilangkan bau amis pada ikan ataupun daging. urutan takson Jahe Tanaman jahe sepintas mirip dengan tanaman laos/lengkuas. Hal ini di karenakan tanaman ini berasal dari keluarga yang sama meski genusnya berbeda.  Berikut ini klasifikasi ilmiah tanaman jahe yang membedakannya dengan tanaman laos.

Urutan Takson tanaman Jahe

Kingdom:  Plantae
    Subkingdom:  Tracheobionta
        Superdivision:  Spermatophyta
            Division:  Magnoliophyta
               Class:  Liliopsida
                  Subclass:  Commelinidae
                     Order:  Zingiberales
                         Family:  Zingiberaceae
                            Genus:  Zingiber
                                Species:  Zingiber officinale

Jahe merupakan tanaman tropis, yang artinya tanaman ini hanya bisa tumbuh didaerah khatulistiwa seperti negara-negara Asia Tenggara,  Afrika , Amerika selatan, Brazil, dll. Konon kabarnya, jahe merupakan tanaman asli India yang kemudian menyebar hampir ke seluruh negara-negara yang berada di garis khatulistiwa terutama Indonesia. Jahe digolongkan ke dalam divisi Magnoliophyta atau Angiospermaae yaitu kelompok tumbuhan yang berkembangbiak secara generatif berupa bunga. Divisi Magnolophyta dibagi lagi ke dalam dua kategori yakni Magnoliopsida dan Liliopsida. Jahe sendiri dimasukkan ke dalam karegori kedua yakni Liliopsida atau tanaman berbiji tunggal atau monokotil.

Dibandingkan tanaman herbal lainnya, jahe mempunyai nilai ekonomis paling tinggi selain kencur dan kunyit. Karena selain sebagai bumbu masak, jahe juga berguna sebagai bahan baku jamu. Hampir semua perusahaan jamu dalam memproduksi jamunya menambahkan jahe. Terutama jamu tolak angin dan obat batuk. Karena selain memiliki zat antihistamin, jahe juga mempunyai zat antibiotik yang dapat mencegah infeksi. Jahe memiliki efek mengahangatkan badan dan melancarkan saluran pernafasan.

Loading...
Loading...