Loading...

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat. Tomat merupakan tanaman hortikultura yang termasuk dalam jenis buah-buahan sekaligus sayuran. Tomat dapat di jumpai hampir di semua tempat. Hampir seluruh dunia mengenal tomat dan memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan pangan. Tomat bisa tumbuh di mana saja. Baik di daerah lintang tinggi maupun lintang rendah kecuali daerah kutub. Baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tomat dapat tumbuh dengan mudah.  Yang membuatnya  berbeda adalah kemampuan produktivitasnya. Tomat dapat tumbuh di tanah gersang, tetapi beum tentu dapat berbuah. Tomat dapat tumbuh di daerah bertanah basa, tetapi pertumbuhannya akan tidak sempurna karena tomat sangat rentan terhadap serangan penyakit terutama cendawa. Untuk melakukan budidaya tomat, maka harus di ketahui terlebih dahulu syarat tumbuh tanaman serta cara bertanamnya agar di peroleh hasil panen yang maksimal.

Untuk dapat tumbuh dengan baik dan memiliki produktivitas tinggi, tanaman tomat harus di tanam dengan memperhatikan syarat tumbuhnya. Jika syarat tumbuh tanaman tomat di abaikan, maka besar kemungkinan hasil panen yang di peroleh tidak seperti yang di harapkan. Berikut ini adalah beberapa syarat tumbuh tanaman tomat yang perlu di perhatikan.

Syarat tumbuh tanaman tomat

1. Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian 100-1000 meter di atas permukaan laut, dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi dan cutah hujan rata-rata 100-220 mm/tahun.

2.  Pada umumnya, tanaman Tomat baik di tanam pada tanah yang memiliki aerasi dan drainase yang baik, sedikit berpasir, mengandung banyak humus dan mempunyai nilai pH antara 5-6.

3. Suhu optimal untuk pertumbuhan tanaman tomat berkisar antara 17-23°C, yaitu 17°C pada malam hari dan 23°C pada siang hari dengan intensitas sinar matahari berkisar antara 10-12 jam / hari.

4. Tanaman tomat membutuhkan sistem pengairan yang baik, karena buah tomat komposisi terbesarnya adalah air yaitu sekitar 90%. Penyiraman harus di lakukan setiap hari kecuali hari hujan.

5. Pada masa pembungaan, suhu udara pada malam hari harus di perhatikan dengan baik. Suhu di bawah 10°C, akan menyebabkan penyerbukan tidak berjalan dengan baik karena tepung sari bisa mati. Sedangkan suhu yang terlalu tinggi, yaitu diatas 17°C akan bahkan dapat menyebabkan pembungaan tidak terbentuk sama sekali. Sehingga buah tomat menjadi mandul.

6. Suhu dan kelembaban yang terlalu tinggi dapat memicu berkembangnya penyakit daun.

7. Seperti halnya, kalau kita bertanam tanaman hortikultura lain, di sarankan agar lahan yang akan di tanami tomat bukan merupakan lahan bekas di tanami tomat atau tanaman sefamili dengannya. Hal ini merupakan salah satu cara pengendalian hama dan penyakit. Lahan yang telah dibiarkan selama 2 kali masa tanam atau bekas tanam gilir lebih baik untuk mencegah perkembangan hama dan penyakit dan dapat meningkatkan hasil panen yang optimal.

Bagikan :
loading...