Hai !!! Selamat datang di KebunQ.com. Situs Blogger Petani

Alat dan Mesin Panen Padi

Alat dan Mesin Panen Padi. Alat dan mesin panen padi adalah salah satu Alsintan yang banyak di gunakan di Indonesia.  Karena Indonesia merupakan negara Agraris dimana alat dan mesin panen padi di gunakan untuk memanen tanaman utama demi memenuhi kebutuhan makanan pokok yang berupa nasi. Penggunaan alat dan mesin panen padi berhubungan erat dengan proses peningkatan produksi. Karena salah satu aspek yang harus di tekan untuk meningkatan produksi adalah mengurangi kehilangan produksi di waktu panen. Penyebab kehilangan produksi di waktu panen ini MEsin panen padi futata antara  lain penggunaan alat dan mesin panen yang tidak sesuai dengan yang di butuhkan. Contohnya saat penggunaan alat yang tidak tepat saat pemotongan padi dapat menyebabkan rontoknya butir padi atau saat perontokan akan menyebabkan butir padi tercecer.

Pasti ada yang bertanya mengapa artikel ini berjudul Alat dan Mesin Panen Padi dan bukan Alat mesin panen padi? Hal in karena menurut saya alat dan mesin mempunyai pengertian dan definisi yang berbeda. Untuk mengetahui pengertian dan definisi alat atau mesin dapat di baca di SINI.

Dalam proses pemanenan padi ada banyak kegiatan yang harus di lakukan secara bertahap. Setiap kegiatan membutuhkan penanganan yang berbeda.  Tetapi dengan menggunakan mesin, keseluruhan kegiatan pemanenan padi dapat di lakukan hanya dengan sedikit tenaga kerja. 

Macam-macam Alat dan Mesin panen padi

Berikut ini adalah beberapa jenis alat dan mesin panen yang digunakan saat panen padi, diantaranya adalah:

1. Alat Panen padi

Alat panen padi biasanya di gunakan secara mekanis atau manual. Alat-alat tersebut di gunakan saat pemotongan dan perontokan diantaranya adalah:

  • Sabit atau Anai-anai
  • Potongan Drum bekas dan balok kayu untuk merontokan butir padi

2. Mesin Panen Padi

Mesin panen padi banyak jenisnya. Ada mesin yang di gunakan untuk memotong saja. Ada yang memotong dan mengikat. Bahkan ada juga yang dari memotong, merontokan, membersihkan dan mengarungkan. Semua tergantung dari jenis mesin yang di gunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin panen padi yang di gunakan serta kegiatan apa yang di lakukannya.

  • Mesin Reaper, yang dikerjakan adalah memotong batang padi dan melemparkannya ke samping.
  • Mesin Binder, yang dikerjakan adalah memotong, mengikat dan melempar batang padi
  • Mesin mini Combine, yang dikerjakan adalah memotong, merontokan, membersihkan dan memasukan butir padi dalam karung.
  • Mesin Combine, yang dikerjakan adalah pemotongan, perontokan, pembersihan, dan penampungan dalam tangki.

Semua alat dan mesin panen padi yang tersebut diatas memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk mengetahui apa kelebihan dan kelemahan masing-masing alat dan mesin pertanian tersebut silahkan klik di alat dan mesin yang bersangkutan.

Loading...
Loading...