Hai !!! Selamat datang di KebunQ.com. Situs Blogger Petani

Manfaat dan Khasiat Srigading (Sirih Gading)

Manfaat dan Khasiat Srigading (Sirih Gading). Srigading atau sirih gading yang di maksud di sini bukanlah Sirih Gading si Tanaman Hias. Karena ada tanaman lain yang mempunyai nama serupa yaitu srigading atau sirih gading tetapi dengan nama ilmiah berbeda. Sirih gading yang ini mempunyai nama latin Nyctanthes arbor-tristis L. Srigading Nyctanthes merupakan tanaman herbal berkhasiat obat yang banyak di temui di Indonesia. Tanaman ini masih saudara dekat dengan bunga melati, karena itu tak jarang orang menyebutnya melati malam (night-flowering Jasmine).

srigading Srigading adalah tanaman herbal yang berasal dari Asia selatan, seperti Nepal. Pakistan, India dan wilayah-wilayah di sekitarnya. Tetapi tanaman ini dapat tumbuh baik di Indonesia. Tanaman sri gading mempunyai manfaat dan khasiat yang sangat banyak. Hampir setiap bagian dari tumbuhan ini dapat mengandung senyawa-senyawa yang menguntukan dan berkhasiat obat. Di luar negeri, telah banyak penelitian kesehatan menggunakan tanaman Srigading yang berhasil dengan baik. Sriganding indentik terkenal karena mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

Manfaat dan Khasiat Srigading atau Sirih Gading

Dari akar, batang, daun, bunga dan setiap bagian tanaman srigading mengandung zat-zat tertentu dan bermanfaat untuk kesehatan. Penelitian tim medis membuktikan bahwa sriganding banyak mengandung antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas. Selain itu jika di konsumsi sesuai petunjuk, bagian-bagian tanaman srigading mempunyai manfaat dan khasiat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat srigading untuk kesehatan, diantaranya adalah:

  • Perawatan sehabis persalinan, haid tidak lancar, rematik, ruam kulit, kusta, dan cacingan pada anak.
  • Batuk, radang saluran napas, sembelit dan menghilangkan ketombe.
  • Merangsang kekebalan tubuh
  • Menjaga dan melindungi liver
  • Mempunyai aktivitas antioksidan yang tinggi
  • Dapat menyembuhkan penyakit Bronchitis
  • Bersifat diuretik dan anti inflammantory
  • Mengandung anti bakteri dan anti funggi, dll

Manfaat dan khasiat sri gading dapat di ambil dari setiap bagian tanaman. Seperti misalanya:

1. Daun srigading mengandung: D-mannitol, β-sitosterol, flavanol glycosides, astragalin, nicotiflorin, oleanolic acid, nyctanthic acid, tannic acid, ascorbic acid, methyl salicylate, an amorphous glycoside, an amorphous resin, trace of volatile oil, carotene, friedeline, lupeol,mannitol, glucose, fructose, iridoid glycosides, and benzoic acid yang berfungsi sebagai Antibacterial, Anthelmintic, Anti-inflammatory, Hepatoprotective, Immunopotential, Anti pyretic, Antioxidant and Anti funga

2. Bunga srigading mengandung: minyak essensial, nyctanthin, D-mannitol, tannins, glucose,carotenoids, glycosides termasuk β-monogentiobioside ester of α-crocetin ( crocin-3), β-monogentiobioside-β-D monoglucoside ester of α-crocetin, and β-digentiobioside ester of α-crocetin yang berfungsi sebagai Diuretic, Anti-bilious, Antioxidant, Anti-inflammatory, Sedative and Antifilarial.

3. Biji srigading mengandung: arbortristosides A and B; glycerides of linoleic, oleic, lignoceric,stearic, palmitic and myristic acids; nyctanthic acid; 3,4-secotriterpene acid; and a water soluble polysaccharide composed of D-glucose and D-mannose yang dapat berfungsi sebagai Antibacterial, Antifungal, Immunomodulatory and Antileishmanial, dan masih banyak lagi.

Loading...
Loading...