Hai !!! Selamat datang di KebunQ.com. Situs Blogger Petani

Tanaman Hias Miyana Mangkuk Amaranthaceae

Tanaman Hias Miyana Mangkuk Amaranthaceae. Nama sebenarnya Miyana Mangkuk, Amaranthaceae adalah nama sukunya. Biasa di kenal sebagai tanaman mangkuk-mangkukan atau daun darah atau bayam merah. Sebagai tanaman hias, Miyana Mangkuk dahulu kala pernah sangat populer. Daunnya yang berlekuk berbentuk bulat telur, berwarna merah dan terletak saling berhadapan sangat indah jika di tanam dihalaman rumah. Kadang-kadang ada juga yang ujung daunnya melekuk menyerupai ginjal terbalik.

miyana mangkuk Miyana Mangkuk tergolong tanaman herba yang tumbuh di daerah tropis, baik dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian antara 1-1400 meter dpl. Tumbuhan ini tumbuh tegak, tingginya tergantung pada lingkungan. Batangnya berbentuk bulat dan licin. Umumnya tinggi tanaman Miyana mangkuk antara 80-120 cm tapi pada tanah yang subur ketinggian tanaman dapat mencapai 2 meter. Daun tanaman Miyana mangkuk berbentuk jantung terbalik dengan panjang daun antara 3-6 cm, lebar 4-8 cm dan panjang tangkai daun sekitar 5-8 cm. Daun ada yang berwarna hijau berurat atau kemerah-merahan. Daunnya berpasang-pasangan dan letaknya saling berhadapan (oposita). Daun tanaman miyana inilah yang dimanfaatkan sebagai obat. Beberapa jenis penyakit yang dapat di obati dengan daun Minyana Mangkuk antara lain adalah:

  • obat wanita bersalin
  • radang usus
  • wasir
  • kurang darah, dll

Tanaman Miyana mangkuk memiliki bunga dan buah. Bunganya kecil-kecil membentuk mayang, dengan mahkota seperti selaput dan berkelompok pada satu tangkai. Bunga keluar dari ketiak daun dan dari pucuk batang. Bunga pada tanaman Myana Mangkuk akan menghasilkan buah. Buahnya berbentuk bulat panjat kecil dan berbiji satu.

Tanaman Miyana Mangkuk mengandung zat kimia Ferulytyramine dan ferrum yag berkhasiat dari antipiretik, Sudorifik dan Diuretik.

Loading...
Loading...