Hai !!! Selamat datang di KebunQ.com. Situs Blogger Petani

Nama latin Bayam | Marfologi dan Klasifikasi Ilmiah

Nama latin Bayam | Marfologi dan Klasifikasi Ilmiah. Nama latin Bayam adalah Amaranthus spp. Bayam merupakan tumbuhan yang daunnya populer untuk di konsumsi sebagai sayuran. Tumbuhan ini berasa; dari benua Amerika yang kemudian menyebar keseluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Bayam terkenal karena kandungan zat besinya yang tinggi. 

Bayam termasuk tanaman semusim. Tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah beriklim tropis dengan intensitas cahaya yang tinggi. Tumbuhan ini berkembang biak dengan biji. Tanaman yang telah memiliki bunga dan biji tua, perlahan-lahan akan kering dan mati, untuk kemudian di gantikan oleh tanaman baru.



Sayur bayam, sangat populer di Indonesia. Terutama di daerah pedesaan. Dimana ada lahan kosong, bayam menjadi tumbuhan liar yang bermanfaat. Bayam yang tumbuh liar ini adalah jenis bayam petik. Sementara Bayam cabut, cenderung untuk di budidayakan karena masa tanamnya singkat dan habis setelah tanaman di panen dengan cara di cabut. Berbeda dengan bayem petik, yang sangat mudah mengugurkan bijinya. Bayam cabut harus disebar dulu bijinya baru bisa tumbuh. Karena biasanya, bayam cabut di cabut ketika masih muda dan belum sempat berbunga.

Klasifikasi Ilmiah Bayam

Kingdom: Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas  : Magnoliopsida
Ordo   : Caryophyllales
Family : Amaranthaceae
Genus  : Amaranthus
Spesies: Amaranthus spp 
  • A. spinosus = Bayam duri
  • A. gengeticus = Bayam cabut
  • A. tricolor = bayam belang( merah)


Nama lain Bayam : Bayem (jawa), senggang (Sunda), bo cai (Cina), epinard (prancis), Spinach (inggris), dll.

Marfologi tanaman Bayam


AKAR: Bayam merupakan tanaman yang memiliki akar tunggang. Selain daun, akar tunggang ayam sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif. Diantaranya untuk menyembuhkan penyakit wasir, menurunkan tekanan darah, sebagai obat keputihan dan obat anemia. Selain akar tunggang, bayam juga mempunyai akar serabut yang biasanya tumbuh di ujung-ujung akar dan menyembul ke atas permukaan tanah.

BATANG: Batang tanaman ayam sangat mudah di bedakan dengan tumbuhan lain. Bayam memiliki batang yang tegak, ada yang berduri ada yang polos. Batang bayam berkambium,dengan kadar air yang cukup tinggi, memiliki banyak cabang dan susunan jaringan xilem dan floem teratur. Semakin sering dipangkas, tunas-tunas baru akan semakin banyak.

DAUN: Bentuk daun bayam tergantung pada jenis spesiesnya. Namun pada umumnya, daun bayam berbentuk bulat telur dengan bagian ujung sedikit meruncing. Warna daun bayang tergantung pada jenis speciesnyaa. Bayam duri dan bayam cabut berwarna hijau, sedangkan bayam merah dan bayam belang akan berwarna dominan merah. Warna daun bayam tergantung pada zat warna yang tersimpan di pori-pori daun. Warna klorofil alan menghasilkan daun bayam yang erwarna hijau. Sementara antosianin akan menyebabkan daun ayam berwarna merah.

BUNGA: Biasanyabunga muncul di ketiak daun atau di pucuk batang. Tergantung jenis bayamnya. Bunga bayam terolong bunga bberkelamin tunggal (Unisex) yang tersusun secara majemuk dan berwarna hijau jika di lihat dari kejauhan. bTapi ila di lihat dari dekat, maka kelompaknya akan terlihat berwarma putih.

BIJI: Biji keluar dari dalam kelompak bunga. Biji berwarna hitam mengkilat dan berukuran sangat kecil (0,8 - 1 mm). Biji bayam sangat berharga, dibeberapa tempat di manfaatkan sebagai sumber karbohiodrat untuk mereka yang sedang mengatur pola makan.
Loading...
Loading...